Penawaran & permintaan (Supply & Demand)

Tidak ada misterius dalam dukungan dan tahanan, ini sesungguhnya adalah hukum “supply (panawaran) & “demand”(permintaan) yang klasik. Ingat pelajaran ekonomi dasar, garis supply/demand menunjukkan bagaimana tingkat supply/demand sebuah sekuritas.
Garis supply menunjukkan jumlah sekuritas dimana pembeli bersedia menjual pada suatu harga. Ketika harga naik, jumlah penjual juga naik akrena ada lebih banyak penjual yang bersedia menjual pada harga yang lebih tinggi.
Garis demand menunjukkan jumlah sekuritas di mana pembeli bersedia membeli pada suatu harga. Ketika harga naik, jumlah pemebli turun karena ada lebih sedikit pembeli yang bersedia membeli pada harga yang lebih tinggi.
Pada suatu harga, grafik supply/demand, menunjukkan berapa berapa banyak pembeli dan penjual yang ada. Sebagai contoh, grafik berikut ini menunjukkan bahwa pada harga 42.5 ada 10pembeli dan 25 penjual.
Dukungan terjadi ketika supply menyentuh sisi kiri dari grafik (yaitu 27,5 pada grafik di atas). Harga tidak dapat jatuh di bawah titik ini,karena tidak ada penjual yang bersedia menjual pada harga yang lebih rendah dari harga ini. Tahanan terjadi ketika garsi demand menyentuh sisi kiri dari grafik (taiut 47,5). Harga tidak dapat naik diatas ini, karena tidak ada pembeli yang bersedia membeli pada harga ynag lebih tinggi dari harga ini.]
Dalam pasar bebas, garis supply/demand selalu berubah setiap saat. Jika harapan investor berubah, garis supply/deman juga berubah. Breakout di bawah tingkat dukungan adalah tanda perubhan ke bawah pada garis supply karena ada lebih banyak penjual yang bersedai menjaul pada harga yang lebih rendah.
Dasar dari sebagian besar alat-alat dalam analisis teknis berasal dari konsep supply&demand.Grafik harga sekuritas memberi kita pemandangan yang luas biasa dari aksi atau gerakan harga sekuritas.





Supply and demand
There is nothing mysterious about support and resistance--it is classic supply and demand. Remembering "Econ 101" class, supply/demand lines show what the supply and demand will be at a given price.
The "supply" line shows the quantity (i.e., the number of shares) that sellers are willing to supply at a given price. When prices increase, the quantity of sellers also increases as more investors are willing to sell at these higher prices.
The "demand" line shows the number of shares that buyers are willing to buy at a given price. When prices increase, the quantity of buyers decreases as fewer investors are willing to buy at higher prices.
At any given price, a supply/demand chart (see Figure 12) shows how many buyers and sellers there are. For example, the following chart shows that, at the price of 42-1/2, there will be 10 buyers and 25 sellers.