Indikator “leading” (mendahului) vs indicator “lagging” (menyusul)

Moving average dan MACD adalah contoh dari indicator-indikator lagging (menyusul), artinya indicator tampil setelah trend muncul (gambar bawah)



Indikator lagging berguna ketika harga bergerak dalam trend yang cukup panjang. Indikator ini tidak memperingatkan Anda tentang perubahan yang bakal terjadi, tetapi cuma memberitahukan apa yang sedang terjadi pada harga tersebut(yaitu naik atau turun) sehingga Anda dapat membuat keputusan investasi sesuai dengan fakta tersebut. Indikator yang tampil setelah trend muncul membuat Anda memebli dan jual pada saat yang terlambat. Sebagai upah dari keterlambatan ini, indicator-indikator ini mengurangi resiko dengan meletakkan Anda pada sisi yang benar didalam pasar.



Gambar diatas, indicator-indikator yang tampil setelah trend muncul tidak dapat berfungsi dengan baik di dalam pasar yang bergerak ke samping.
Kelompok indicator yang lain adalah indicator-indikator leading (mendahului), artinya indicator tampil sebelum trend muncul. Indikator ini membantu Anda menarik keuntungan dengan memprediksikan perubahan yang bakal terjadi. Indikator leading menyediakan keuntungan yang lebih besar, tetapi resiko yang lebih tinggi juga. Indikator-indikator leading dapat berfungsi dengan baik di dalam pasar yang bergerak ke sampng (atau fase perdagangan).
Indikator-indikator leading umumnya bekerja dengan mengukur tingkat overbought (terlalu banyak dibeli) dan tingkat oversold(terlalu banyak dijual). Ini dilakukan dengan anggapan bahwa pada tingkat overbought harga akan ditarik kembali ke tingkat yang wajar dan pada tingkat oversold harga akan diterik kembali ke tingkat yang wajar(gambar bawah).




Indikator apa yang ingin Anda gunakan leading atau legging,ini sepenuhnya adalah pilihan Anda. Sebagian besar investor lebih menyukai indicator-indokator yang mengikuti tren (lagging) daripada indicator-indikator yang memprediksikan trend (leading). Namun demikian, ada banyak investor yang menyukai indicator-indikator leading dan mencapai sukses dalam perdangannya.