ABSOLUTE BREADTH INDEX

ABI adalah indicator momentum pasar yang disusun oleh NormanG Fosback. ABI menunjukkan tingkat aktivitas, volatilitas dan perubahan yang terjadi di New York Exchane sementara mengabaikan arah gerakan harga.

Penjelasan
Anda dapat melihatABI sebagi “activity index”.Nilai yang tinggi menunjukkan tinggi tingkat aktivitas dan perubahan yang terjadi di pasar. Sedangakn nilai yang rendah menunjukkan rendahnya tingkat aktivitas dan perubahan yang terjadi dalam pasar.
Dalam buku karangan Fosback “Stock Market Logic”, dia menunjukkan bahwa secara histories nilai yang tinggi mengarahkan ke harga yang lebih tinggi dalam waktu tiga sampai dua belas bulan kemudian. Fosback menemukan variasi indicator ABI yang sangat handal, yaitu dengan membagi ABI mingguan dengan total jumlah saham yang diperdagangkan. Kemudian, menghitung MA untuk 10 minggu dari nilai ini. Nilai di atas 40% dianggap sangat bullish, nilai di bawah 15% dianggap sangat bearish.

Contoh
Grafik berikut ini menunjukkan S&P 500 dan MA untuk 5 minggu dari ABI.



Rally (pembelian secara kontinyu) yang kuat terjadi setiap kali MA ABI naik diatas 310.

Perhitungan
ABI dihitung dengan mengambil nilai mutlak dari perbedaan antara Advancing Issue NYSE dengan Declining Issue NYSE.




Nilai mutlak (yaitu,nilai absolute – ABS) adalah nilai yang tidak mempedulikan tandanya, positif atau negative. Sebagai contoh nilai mutlak dari -100 adalah 100, nilai mutlkan dari +100 adalah 100.