ELEMEN WAKTU

Banyak dari alat-alat analisa teknikal memusatkan perhatian pada perubahan harga selama suatu jangka waktu. Pertimbangkan adanya elemen waktu dalam grafik-grafik berikut ini, dimana sekuritas naik dari $25 kesekitar $45.
Gambar dibawah menunjukkan harga MERCK naik secara konsisten selama jangka waktu 12 bulan. Grafik dibawah ini menunjukkan secara terus menerus menegaskan kembali gerakan naik dari harga sekuritas tersebut.





Gambar diatas, harga DISNEY bergerak dari $24 ke sekitar $45, tetapi ini terjadi dalam dua gerakan yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa ada dua saat di mana investor percaya bahwa sekuritas akan bergerak naik. Setelah pertempuran antara panawaran dan permintaan, investor memerlukan waktu untuk menerima harga baru tersebut. Setelah itu, investor siap kembali menggerakkan harga sekuritas menjadi lebih tinggi lagi.
Berhenti setelah kenaikkan yang cepat adalah fenomena umum, Karena investor memerlukan waktu untuk menerima harga baru. Apa yang saat ini tampak mahal suatu hari dapat menjadi murah – sementara investor mempunyai harapan baru.
Ini adalah aspek menarik dari grafik point & figure, karena grafik ini secara total mengabaikan jangka waktu dan Cuma menampilkan perubahan harga.

Contoh pendekatan
Ada banyak alat-alat analisa teknikal, bagian paling sulit adalah memutuskan alat yang mana yang akan Anda gunakan. Berikut ini adalah pendekatan yang dapat Anda coba;

1. Periksa kondisi pasar secara menyeluruh.
Jika Anda memperdagangkan sekuritas yang mempunyai dasar saham, periksa tren suku bunga, tren di pasar saham dan sentiment investor (misalnya dari berita). Tujuannya adalah memerika tren pasar secara menyeluruh.

2. Pilih sekuritas yang ingin Anda perdagangkan.
Penulis menyarankan Anda memilih sekuritas dari bisnis atau industri yang Anda kenal. Atau jiak Anda menggunakan jasa seorang Financial Advisor, Anda dapat meminta rekomendasi darinya.

3. Periksa tren sekuritas secara menyeluruh.
Lihat MA 200 (39 minggu)-nya. Anda akan menemukan kesempatan membeli yang terbaik ketika sekuritas baru bergerak naik di atas moving average jangka panjang ini.

4. Pilih “entry point” (titik masuk)
Dengan menggunakan indicator-indikator favorit, Anda dapat memutuskan untuk membli atau menjual. Ingat, Anda semestinya mengambil posisi jika keputusan tersebut cocok dengan kondisi pasar secara menyeluruh.

Banyak dari sukses Anda dalam analisa teknikal akan dating dari pengalaman. Tujuan Anda semestinya bukan menemukan rahasia dari analisa tenikal, tapi mengurangi resiko(misalnya mengambil posisi yang cocok dengan tren pasar secara menyeluruh) dan memanfaatkan kesempatan (misalnya menggunakan indicator favorit untuk memilih waktu yang terbaik). Sementara Anda mendapatkan pengalaman. Anda akan semakin terlatih dalam membuat keputusan investasi.